Senin, 27 Januari 2014

Macam - Macam Tarian Mancanegara



Macam - Macam Tarian Mancanegara

Macam Macam Tarian Mancanegara

1. Tarian Negara Kamboja. 


Gerakannya lambat, seperti menghipnotis, mencerminkan gerakan tarian dari Negara Kamboja. Tubuh penari harus fleksibel dan seperti tak bertulang. 

2. Tarian Samba, Brazil. 


Gerakannya cepat dan seperti halnya tarian dari Amerika Selatan, mereka memiliki akar dari Afrika dan Karibia. 

3. Tari Bali, Indonesia. 


Di Bali, pelajaran menari diberikan secara terbuka sehingga semua orang dapat menyaksikannya. Pengajar tari bali tak hanya mengajarkan gerakan tari Bali, namun juga membetulkan posisi badan agar tercapai bentuk yang sempurna. 

4. Tarian Jepang.


Gerakannya anggun dan biasanya mementingkan unsur simetris. Tarian Jepang tak hanya ditarikan oleh kaum muda saja, melainkan juga oleh kaum tua.

5. Tarian Limbo, Afrika Barat.



Penari limbo tak hanya menunjukkan kemahirannya menari, namun juga mencampurnya dengan gerakan akrobatik. Mereka harus bisa melewati kayu dengan melenturkan tubuh ke belakang. Makin mahir, mereka membakar kayu yang akan dilewati.

6. Tari Balet. 


Untuk belajar tari balet, memerlukan waktu yang panjang agar bisa menguasai teknik-tekniknya. Dalam balet klasik, penari harus memiliki stamina kuat dan gerakan yang ditarikan harus terlihat anggun. 



7. Tari Tonga. 


Tarian yang berasal dari pulau Pasifik ini menarikan puisi yang dibuat berdasarkan mitos dan legenda. Misalnya, jika puisi tersebut menggambarkan bunga, penari mengayun-ayunkan tangannya seolah angin yang membawa wanginya bunga. Penari Tonga biasanya berdiri atau duduk, dengan menggerakkan tangan dengan anggun. 

8. Tari Kathak, India.


Tarian dari India ini sangat enerjik dan penarinya dengan lihai dapat mengembangkan tarian dengan gerakan kaki dan tangan mereka. Penari akan berkomunikasi dengan pemusik seiring tariannya berlangsung. 

9. Tari Tiwi, Australia.


Tarian yang berasal dari suku Aborogin, Australia ini dipertunjukkan dengan gerakan yang kuat, dimana setiap pergantian gerakan harus dilakukan dengan tepat sesuai pukulan alat musik.

10. Tari Flamenco, Spanyol. 


Tiga komponen penting dalam tarian Flamenco adalah nyanyian, tarian dan gitar. Awalnya tarian ini hanya dipertunjukkan dengan tepukan tangan dan nyanyian yang mengiringi tarian. Baru belakangan ditambahkan gitar sebagai pelengkap. 

11. Tari Haka, New Zealand


Pada jaman dulu, suku Maori di New Zealand biasa menarikan tarian Haka sebelum berperang dan sesudah memenangkan peperangan. Kini, tim rugby New Zealand melakukan hal yang sama sebelum memulai pertandingan. 

12. Tari Buffalo. 


Tarian yang muncul di abad 19 ini dilakukan sebelum suku Blackfoot melakukan perburuan. Tarian ini dipercaya sebagai penghormatan terhadap hewan yang akan mereka buru (buffalo=kerbau).


13. Tari Morris, Inggris. 


Tarian ini dipertunjukkan dalam festival-festival. Dulu hanya laki-laki yang menari Morris, namun sekarang semua orang menarikan tarian ini. Biasanya kostum yang mereka pakai adalah baju putih, topi dengan hiasan bunga, dan selempang dua warna yang disematkan bel kecil. Mereka juga membawa tongkat kecil atau sapu tangan.

14. Tari Jawa, Indonesia. 


Penari Jawa harus elegan dan anggun, melambangkan spiritual dan kebijaksanaan kerajaan. 

15. Tari Kipas, Korea. 


Penari kipas dari Korea menggunakan kipas yang besar dalam berbagai warna. Lalu mereka menyatukan kipas mereka dan menggerakkannya secara teratur mengayun ke atas dan ke bawah.






16. Tari Naga, China. 


Dalam mitologi China, naga menggambarkan kegagahan, keningratan dan keberuntungan. Tari naga digunakan untuk mengusir setan dan membawa keberuntungan bagi semua orang. Penarinya memiliki kemampuan bela diri.

17. Tarian Timur Tengah
Tari sema dimulai dengan pujian kepada para nabi. Lalu, terdengar suara drum yang menjadi simbol sang pencipta diikuti improvisasi musik dari alat musik ney (sejenis seruling) yang menyimbolkan embusan napas sang pencipta yang memberi kehidupan kepada semua makhluk.
Pemimpin memberi hormat lalu memimpin para darwish membentuk lingkaran. Saat melewati posisi sang pemimpin, para darwish akan saling memberi hormat sebagai lambang penghormatan antarjiwa yang berbalut dalam bentuk raga.
Setelah tiga putaran, mereka melepas mantel. Setiap orang akan mendekati pemimpin, memberi salam, mencium tangan, dan membentuk formasi sesuai intruksi pemimpinnya.
Dengan berputar, mereka melepas kehidupan duniawi dan bergabung dengan Allah. Mereka membuka kedua tangan dengan tangan kanan menghadap ke atas agar mendapat berkah dari surga dan tangan kiri menghadap kebawah untuk memberikan berkah ke bumi. Tarian diakhiri dengan pembacaan Al-Qur’an.
Para darwish berputar-putar secara simultan selama 10 menit lalu berhenti dan berlutut. Kemudian berdiri dan muali lagi. Proses ini diulang sebanyak empat kali, yang memiliki arti :
  1. kelahiran manusia sebagai bukti Allah sebagai pencipta dan peran manusia sebagai makhluk.
  2. kegembiraan manusia menjadi saksi penciptaan.
  3. kegembiraan akan cinta dan pengorbanan akan pikiran untuk mencinta, untuk menggenapi perintah.
  4. akhir perjalanan spiritual, termasuk kembali kepada kehidupan sehari-hari dan pengabdian kepada Allah.
Pakaian semua terdiri dari topi tinggi yang menggambarkan ego mereka, jubah putih panjang dengan rok lebar menggambarkan penutup ego, dan mantel hitam yang menggambarkan kehidupan duniawi yang kemudian mereka lepaskan.

18. Tarian Jepang


Salah satu kesenian yang mengandung seni tari adalah penabuhan taiko. Taiko adalah beduk ala Jepang. Pada awalnya taiko atau bedug Jepang dibuat dengan bahan kayu gelondong seperti orang Indonesia membuat bedug. Bahkan, seni menabuh taiko ini di festivalkan. Festival menabuh taiko disebut matsuri. Pertunjukan menabuh taiko ini semaikn menarik karena diperagakan dengan tarian.


19. Tarian Tikalung Thai


Tiga penari unjuk kebolehan membawakan tarian Tikalung Thai, di Lapangan Guna Dharma, Candi Borobudur, Magelang, Jateng, Jumat (17/7). Tarian yang yang merupakan salah satu rangkaian Borobudur International Festival tersebut dimainkan oleh Art School Dance Groupe Thailand yang masih berciri tradisional dikemas dengan musik modern dan mengisahkan kisah percintaan kaum muda Thailand. (ANTARA/Wahyu Putro A)











20. Tari Hula – Hula



Tari hula atau hula – hula seperti yang disebutkan di atas merupakan salah satu jenis tarian khas Hawaii, Amerika Serikat.
Dalam pertunjukan tari hula – hula biasanya akan diiringi oleh lagu atau nyanyian yang dikenal dengan sebutan mele.
Lagu ini merupakan lagu yang diciptakan oleh suku Polinesia yang tinggal di kepulauan Hawaii. Gerakan yang tercipta dari tarian hula – hula merupakan pendramatisan dari lagu mele.
Walaupun sepintas tarian hula – hula terlihat seperti gerakan yang hanya menggerakan tangan ke sana kemari, namun sebenarnya tari hula – hula memiliki banyak jenis tarian.
Secara umun tarian hula – hula bisa digolongkan berdasarkan gaya poenyajian, tema dan periode yang diperlukan dalam menarikan tarian tersebut.


21. Tari Break Dance (Tari Patah-patah)



Tari break dance berasal dari kelompok pekerja Negro Amerika. Bentuk tariannya berupa gerakan tari patahh-patah dan bersifat akrobatik. Tarian ini lahir bersamaan dengna perkembangan music rap yang terkenal dalam komunitas kaum pekerja negro Amerika.









22. Tari  Wals


Tari wals berasal dari tari weller (tarian petani Jerman) dan tari leander (tarian Austria). Tari wals adalah tari yang terkenal dengan irama ¾ dengan tempo yang berbeda, di Jerman ditarikan dengan tempo agak lambat, di Wina ditarikan dengan tempo lebih cepat dan lebih bersemangat.


23. Tari Salsa


Kata “salsa” berasal dari bahasa Spanyol yang berarti saus, atau dalam hal ini rasa atau gaya. Jadi tari salsa merupakan tarian berpasangan yang berkaitan dengan music salsa. Tari salsa tidak ada peraturan yang baku, salsa ditarikan dengan irama delapan ketukan, yakni dengan dua bar yang terdiri dari empat ketukan. Umumnya setiap empat ketukan menggunakna tiga langkah, satu ketukan dilewatkan kemudian ditandai dengan gerakan tertentu, seperti tendnagna atau sentakan kaki. Music salsa menggunakan irama perkusi yang rumit dna cepat. Music ini merupakan gabungan antara music tradisional Afrika dn Kuba serta Amerika Latin. Tarian salsa sekarang dipegnaruhi tarian Kuba, seperti mambo, rumba, guaracha, cha cha,  atau mozambik.

24. Tari Tap (Tap Dance)


Tari Tap mendapat pengaruh dari berbagai budaya di dunia. Pengaruh tarian tp berasal dari berbagai negara seperti afrika, Irlandia, Inggris, India, dan Spanyol.

25. Tari Perut


Tarian perut menggunakan gerakan di seluruh otot tubuh. Pada dasarnya tari ini merupakan tari improvisasi solo dengan gerakan-gerakan yang menyatu ritme musik. Gerakan dasar dan utama tari ini adalah gerakan memutar yang terpusat pada salah satu bagian tubuh. Kemudian ditambah aksen menggoyang pundak dan pinggul, menggerakkan otot perut seperti ombak, atau keseimbangan menggunakan kain cadar. Kostum tari ini terdiri dari atasan pendek yang biasanya diberi untaian koin atau mote, sejenis ikat pinggul (juga dengan untaian), celana harem dan/atau rok. Terkadang juga memakai cadar.

26. Tari Tango




GERAKAN tango yang rancak selama ini dikenal mampu membangkitkan romantisme dan kegairahan setiap pasangan yang membawakannya. Bahkan, orang yang melihatnya pun akan lebih bersemangat karena melihat gerakan-gerakan dinamisnya.

Ternyata, tango tak hanya membuat suasana hati orang yang melakukan dan menyaksikannya lebih bersemangat. Gerakan-gerakan dalam tarian ini pun mampu menjaga kesehatan dan meningkatkan keseimbangan tubuh.

Bahkan, berdasarkan penelitian yang dilakukan para ilmuwan dari Universitas Washington, tango bisa membantu meningkatkan keseimbangan dan aktivitas para penderita parkinson. Penelitian itu dilaksanakan dengan memberikan latihan tango kepada sekitar 19 penderita parkinson. Para pasien ini mengikuti latihan di dalam kelas antara 20 menit hingga satu jam.

Parkinson atau paralysis agitans merupakan penyakit degeneratif syaraf yang ditemukan pertama kali pada 1817 oleh Dr James Parkinson. Penyebab penyakititukarena ada kerusakan jaringan otak kecil dan syaraf tulang belakang. Banyak yang menyangka penyakit ini disebabkan virus, tapi yang benar karena keturunan atau mutasi gen dan beberapa penyebab lain.

Akibatnya, pergerakan tubuh orang yang terkena parkinson pun terhambat. Kasus tertentu yang sering ditemukan yakni penderita tiba-tiba jatuh tanpa sebab atau tidak bisa menjaga keseimbangan. Paling parah, terhentinya pergerakan tubuh secara tiba-tiba dan tidak bisa mengendalikan syaraf motorik tubuh.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar